Mendikbud: Ini 3 Dampak Negatif Jika Terlalu Lama PJJ

Penulis Albertus Adit | Editor Albertus Adit KOMPAS.com - Pemerintah kembali mengeluarkan kebijakan terkait pembelajaran bagi siswa sekolah dalam masa pandemi Covid-19. Kebijakan itu yakni Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19. Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makarim, keputusan pembelajaran tatap muka di sekolah pada semester depan ada di tangan Pemerintah Daerah, sekolah, maupun para orangtua. "Jadi keputusan ada di Pemda, sekolah dan orangtua," ujar Mendikbud dalam press conference secara daring, Jumat (20/11/2020).
Hal ini dilakukan karena banyak sekali daerah-daerah dan desa-desa yang merasa sangat sulit untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh ( PJJ). "Kita harus menyadari bahwa setelah melakukan evaluasi hasil dari pembelajaran jarak jauh ini bahwa dampak negatif yang terjadi pada anak itu satu hal yang nyata," terang Nadiem. Jika hal itu terus dilakukan, maka bisa menjadi suatu risiko yang permanen. Berikut ini 3 risiko atau dampak negatif terlalu lama PJJ:
- Ancaman putus sekolah Anak harus bekerja: Risiko putus sekolah dikarenakan anak "terpaksa" bekerja untuk membantu keuangan keluarga di tengah krisis pandemi Covid-19. Persepsi orang tua: Banyak orang tua yang tidak bisa melihat peranan sekolah dalam proses belajar mengajar jika proses pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka
- Kendala tumbuh kembang Kesenjangan capaian belajar: Perbedaan akses dan kualitas selama pembelajaran jarak jauh dapat mengakibatkan kesenjangan capaian belajar, terutama untuk anak dari sosio ekonomi berbeda.
Ketidakoptimalan pertumbuhan: Turunnya keikutsertaan dalam PAUD sehingga kehilangan tumbuh kembang yang optimal di usia emas. Risiko 'learning loss': Hilangnya pembelajaran secara berkepanjangan berisiko terhadap pembelajaran jangka panjang, baik kognitif maupun perkembangan karakter.
- Tekanan psikososial dan kekerasan dalam rumah tangga Anak stres: Minimnya interaksi dengan guru, teman, dan lingkungan luar ditambah tekanan akibat sulitnya pembelajaran jarak jauh dapat menyebabkan stres pada anak. Kekerasan yang tidak terdeteksi: Tanpa sekolah, banyak anak yang terjebak di kekerasan rumah tanpa terdeteksi oleh guru.
- Hanya saja, Nadiem Makarim kembali menegaskan bahwa pembelajaran tatap muka diperbolehkan, tetapi tidak diwajibkan.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mendikbud: Ini 3 Dampak Negatif Jika Terlalu Lama PJJ", Klik untuk
baca: https://www.kompas.com/edu/read/2020/11/20/154226471/mendikbud-ini-3-dampak-negatif-jika-terlalu-lama-pjj?page=2.
Penulis : Albertus Adit
Editor : Albertus Adit
Share This Post To :
Kembali ke Atas
Berita Lainnya :
- PPDB SMK AL CHASANAH TAHUN 2022/2023
- Makna Kata Qurrota A\'yun yang Sering Diucapkan dalam Doa Kelahiran Anak, Harapan Penyejuk Hati Art
- Doa Menghilangkan Jerawat, Ambil Bedak dan Letakkan Sambil Baca Doa ini, Buktikan Sendiri Hasilnya
- Uji Coba Belajar Tatap Muka
- Orang Tua Boleh Larang Anaknya Sekolah Tatap Muka, Simak Penjelasan Kemendikbud
Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :
Komentar :
![]() ![]() |
![]() ![]() |
![]() ![]() <a href=http://slkjfdf.net/>Oruqoe</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Ihaiqiq</a> nnz.vdlw.smkalchasanah-jkt.sch.id.cce.fp http://slkjfdf.net/ |
![]() ![]() <a href=http://slkjfdf.net/>Bofase</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Aonocivq</a> dch.nptp.smkalchasanah-jkt.sch.id.biy.tx http://slkjfdf.net/ |
![]() ![]() <a href=http://slkjfdf.net/>Anoyaw</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Ewadabo</a> qet.lgnj.smkalchasanah-jkt.sch.id.igz.qy http://slkjfdf.net/ |
![]() ![]() <a href=http://slkjfdf.net/>Acuikub</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Uroikey</a> ynx.tjdw.smkalchasanah-jkt.sch.id.mca.gn http://slkjfdf.net/ |
Kembali ke Atas