• bannerok

Selamat Datang di Website SMK AL-CHASANAH. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SMK AL-CHASANAH

NPSN : 20101591

Jalan Tanjung Duren Barat III/1 Jakarta 11470


info@smkalchasanah-jkt.sch.id

TLP : (021) 5672783


          

Banner

Statistik


Total Hits : 146264
Pengunjung : 74624
Hari ini : 6
Hits hari ini : 31
Member Online : 1
IP : 3.238.49.228
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Mendikbud: Ini 3 Dampak Negatif Jika Terlalu Lama PJJ





Penulis Albertus Adit | Editor Albertus Adit KOMPAS.com - Pemerintah kembali mengeluarkan kebijakan terkait pembelajaran bagi siswa sekolah dalam masa pandemi Covid-19. Kebijakan itu yakni Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19. Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makarim, keputusan pembelajaran tatap muka di sekolah pada semester depan ada di tangan Pemerintah Daerah, sekolah, maupun para orangtua. "Jadi keputusan ada di Pemda, sekolah dan orangtua," ujar Mendikbud dalam press conference secara daring, Jumat (20/11/2020).



Hal ini dilakukan karena banyak sekali daerah-daerah dan desa-desa yang merasa sangat sulit untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh ( PJJ). "Kita harus menyadari bahwa setelah melakukan evaluasi hasil dari pembelajaran jarak jauh ini bahwa dampak negatif yang terjadi pada anak itu satu hal yang nyata," terang Nadiem. Jika hal itu terus dilakukan, maka bisa menjadi suatu risiko yang permanen. Berikut ini 3 risiko atau dampak negatif terlalu lama PJJ:



  1. Ancaman putus sekolah Anak harus bekerja: Risiko putus sekolah dikarenakan anak "terpaksa" bekerja untuk membantu keuangan keluarga di tengah krisis pandemi Covid-19. Persepsi orang tua: Banyak orang tua yang tidak bisa melihat peranan sekolah dalam proses belajar mengajar jika proses pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka

  2. Kendala tumbuh kembang Kesenjangan capaian belajar: Perbedaan akses dan kualitas selama pembelajaran jarak jauh dapat mengakibatkan kesenjangan capaian belajar, terutama untuk anak dari sosio ekonomi berbeda.



Ketidakoptimalan pertumbuhan: Turunnya keikutsertaan dalam PAUD sehingga kehilangan tumbuh kembang yang optimal di usia emas. Risiko 'learning loss': Hilangnya pembelajaran secara berkepanjangan berisiko terhadap pembelajaran jangka panjang, baik kognitif maupun perkembangan karakter.



  1. Tekanan psikososial dan kekerasan dalam rumah tangga Anak stres: Minimnya interaksi dengan guru, teman, dan lingkungan luar ditambah tekanan akibat sulitnya pembelajaran jarak jauh dapat menyebabkan stres pada anak. Kekerasan yang tidak terdeteksi: Tanpa sekolah, banyak anak yang terjebak di kekerasan rumah tanpa terdeteksi oleh guru.

  2. Hanya saja, Nadiem Makarim kembali menegaskan bahwa pembelajaran tatap muka diperbolehkan, tetapi tidak diwajibkan.



Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mendikbud: Ini 3 Dampak Negatif Jika Terlalu Lama PJJ", Klik untuk


baca: https://www.kompas.com/edu/read/2020/11/20/154226471/mendikbud-ini-3-dampak-negatif-jika-terlalu-lama-pjj?page=2.
Penulis : Albertus Adit


Editor : Albertus Adit


 



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :

Pengirim : Idhuwro -  [bevz_1979@inbox.ru]  Tanggal : 02/05/2022


Перевод от другого пользователя

Подробнее по ссылке: https://forms.yandex.ru/u/f78fjzjmn325tea7cc8n/success/?AAAAAsmkalchasanah-jkt.sch.idBBBBB


Pengirim : Idjokqb -  [bevz_1979@inbox.ru]  Tanggal : 30/04/2022


ПОЗДРАВЛЯЕМ! Вам открыт временный доступ № 9296

Подробнее по ссылке: https://forms.yandex.ru/u/6axhqa74l4fzneukup33/success/?AAAAAsmkalchasanah-jkt.sch.idBBBBB


Pengirim : riwubobo -  [ufocizecb@egiuz.fodiscomail.com]  Tanggal : 18/02/2022

<a href=http://slkjfdf.net/>Oruqoe</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Ihaiqiq</a> nnz.vdlw.smkalchasanah-jkt.sch.id.cce.fp http://slkjfdf.net/


Pengirim : fuxurtofesau -  [ilaginehv@pazew.fodiscomail.com]  Tanggal : 18/02/2022

<a href=http://slkjfdf.net/>Bofase</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Aonocivq</a> dch.nptp.smkalchasanah-jkt.sch.id.biy.tx http://slkjfdf.net/


Pengirim : ukayecilusduj -  [uhiivala@pazew.fodiscomail.com]  Tanggal : 18/02/2022

<a href=http://slkjfdf.net/>Anoyaw</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Ewadabo</a> qet.lgnj.smkalchasanah-jkt.sch.id.igz.qy http://slkjfdf.net/


Pengirim : igitogoyufu -  [uyjobo@opuce.sibicomail.com]  Tanggal : 17/09/2021

<a href=http://slkjfdf.net/>Acuikub</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Uroikey</a> ynx.tjdw.smkalchasanah-jkt.sch.id.mca.gn http://slkjfdf.net/



   Kembali ke Atas